Informasiuntukumum
- Sebagaimana diketahui bahwa obyek daripada pasar konsumen adalah barang-barang
dan jasa-jasa. sering barang-barang dan jasa-jasa tersebut disebut sebagai
kumpulan atribut dan sifat kimia yang secara fisik dapat diraba dalam bentuk
yang nyata.
dalam
tinjauan yang lebih mendalam, sebenarnya barang itu tidak hanya meliputi atribut
fisik saja, tetapi juga mencakup sifat-sifat non fisik seperti harga, nama
penjual, aturan pemakaian, nama penjual (perusahaan) tersebut.kombinasi yang
berbeda dari unsur itu akan memberikan kepuasan yang berbeda pula karena
kombinasi tersebut merupakan produk tersendiri.
Dengan demikian
pengertian tentang barang, akan lebih tepat didefinisikan dalam pengertian
sempit dan luas oleh para ahli antara lain :
1. Menurut William J.
Stanton.
Barang
(produk) adalah sekumpulan atribut yang nyata (tangible) dan tidak nyata (in
tangible) di dalamnya sudah tercakup nama, harga, kemasan, prestise, pabrik,
prestise pengecer dan pelayanan dari pabrik serta pengecer yang mungkin dapat
diterima oleh pembeli sebagai sesuatu yang bisa memuaskan keinginannya.
2. Menurut Philip
Kotler
Produk
adalah setiap apa saja yang dapat ditawarkan di pasar untuk mendapatkan
perhatian, permintaan, pemakaian atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan
atau kebutuhan.
Ini
meliputi benda fisik, jasa, orang, tempat, organisasi dan gagasan.Berdasarkan
definisi tersebut dapat diketahui bahwa gagasan pokok dari definisi tersebut
ialah bahwa konsumen membeli tidak hanya sekedar atribut fisik, karena pada
sasarannya mereka membayar untuk sesuatu yang dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan.
1. Jenis dan sfesifikasi produk
Produk adalah sekumpulan
atribut fisik yang nyata(tangibel dan tidak nyata(intangibel) didalamnya sudah
tercakup warna, harga, kemasan prestive pabrik, dan pelayananyang mungkin
diterima konsumen sehingga konsumen merasa puas,
pada dasarnya konsumenmembeli
tidak hanya sekedar kumpulan atribut fisik saja, tetapi sasarannya mereka
membayar sesuatu untuk memuaskan keinginan, dengan demikian perusahaan yang
bijaksana bahwa menjual manfaat (benefit) produk tidak hanya produk saja
(manfaat intinya)tetapi harus merupakan suatu sistim.
Belum ada tanggapan untuk "Macam-Macam Ciri-Ciri Barang dan Karakteristiknya "
Posting Komentar