Informasiuntukumum
- Adapun faktor-faktor yang dapat
mempengaruhi strategi pemasaran pada suatu perusahaan adalah :
a. Lingkungan mikro
perusahaan
Lingkungan
mikro perusahaan terdiri dari para pelaku dalam lingkungan yang langsung
berkaitan dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya untuk melayani
pasar, yaitu:
1.
Perusahaan
Strategi
pemasaran yang diterapkan oleh bagian manajemen pemasaran harus memperhitungkan
kelompok lain di perusahaan dalam merumuskan rencana pemasarannya,
seperti
manajemenpuncak, keuangan perusahaan, penelitian dan pengembangan, pembelian,
produksi, dan akuntansi serta sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan,
karena manajer pemasaran juga harus bekerja sama dengan parastaff di bidang
lainnya.
2.
Pemasok (Supplier)
Para
pemasok adalah perusahaan-perusahaan dan individu yang menyediakan sumber daya
yang dibutuhkan oleh perusahaan danpara pesaing untuk memproduksi barang dan
jasa tertentu.
Kadang
kala perusahaan juga harus memperoleh tenaga kerja, peralatan, bahan bakar dan
faktor-faktor lain dari pemasok. Perkembangan dalam lingkungan pemasok dapat
memberi pengaruh yang arnat berarti terhadap pelaksanaan pemasaran suatu
perusahaan.
Manajer
pemasaran perlu mengamati kecenderungan harga dari masukan-masukan terpenting
bagi kegiatan produksi perusahaan mereka. Kekurangan sumber-sumber bahan
mentah, pemogokan tenaga kerja, dan berbagai kejadian lainnya yang berhubungan
dengan pemasok dapat mengganggu strategi pemasaran yang dilakukan dan
dijalankan perusahaan.
3.
Para Perantara Pemasaran Para perantara pemasaran
adalah
perusahaan-perusahaan yang membantu perusahaan dalam promosi,penjualan dan
distribusi barang/jasaepada para konsumen akhir.
Para perantara
pemasaran ini meliputi :
•
Perantara, adalah perusahaan atau individu yang membantu perusahaan untuk
menemukan konsumen.
Mereka
terbagi dua macam, yaitu agen perantara seperti agen, pialang danperwakilan
produsen yang mencaridan menemukan para pelanggan dan/atau mengadakan perjanjian
dengan pihak lain, tetapi tidak memiliki barang atau jasa itu sendiri.
•
Perusahaan Distribusi Fisik , perusahaan seperti ini membantu perusahaan dalam
penyimpanan dan pemindahan produk dari tempat asalnya ketempat-tempat yang
dituju.
•
Para Agen Jasa Pemasaran,seperti perusahaan atau lembaga penelitian
pemasaran,agen periklanan,perusahaan media, dan perusahaan konsultan
pemasaran,kesemuanya membantu perusahaan dalam rangka mengarahkan dan
mempromosikan produknya ke pasar yang tepat.
•
Perantara Keuangan,seperti bank,perusahaan kredit, danperusahaan lain yang
membantu dalam segi keuangan.
4.
Para Pelanggan
Yaitu
pasar sasaran suatu perusahaan yang menjadi konsumen atas barang atau jasa yang
ditawarkan perusahaan apakah individuindividu,Iembaga-lembaga, dan sebagainya.
5.
Para Pesaing
Dalam
usahanya melayani kelompok pasar pelanggan, perusahaan tidaklah sendiri. Usaha
suatu perusahaan untuk membangun sebuah sistem pemasaran yang efisien guna
melayani pasar gelati disaingi oleh perusahaan lain.
Sistem
pemasaran dan strategi yang diterapkan perusahaan dikelilingi dan dipengaruhi
oleh sekelompok pesaing. Para pesaing ini perlu diidentifikasi dan dimonitor
segala gerakan dan tindakannya didalam pasar.
6.
Masyarakat Umum
Sebuah
perusahaan juga harus memperhatikan sejumlah besar lapisan masyarakat yang
tentu saja besar atau kecil menaruh perhatian terhadap kegiatan-kegiatan
perusahaan, apakah mereka menerima atau menolak metode-metode dari perusahaan
dalam menjalankan usahanya,karena kegiatan perusahaan pastimempengaruhi minat
kelompok lain,Kelompok-kelompok inilah yang menjadi masyarakai umum.
Masyarakat
umum dapat memperlancar atau sebaliknya dapat sebagai penghambat kemampuan
perusahaan untuk mencapai sasarannya.
Belum ada tanggapan untuk "Faktor Yang Mempengaruhi Strategi Pemasaran Pada Perusahaan"
Posting Komentar