Informasiuntukumum
- Satu diantara berbagai tujuan perusahaan adalah untuk memperoleh laba yang
optimal dari kegiatannya sehari-hari, khususnya kegiatan pemasaran.
Untuk
menjalankan kegiatan pemasaran tersebut dengan baik, dan sesuai dengan sasaran
yang diharapkan, perusahaan harus menerapkan suatu strategi yang tepat sesuai
dengan lingkungan pemasaran perusahaannya.
Lingkungan
pemasaran suatu perusahaan terdiri dari para pelakudan kekuatan-kekuatan yang
berasal dari luar fungsi manajemen pemasaran perusahaan yang mempengaruhi
kemampuan rnanajemen pemasaran untuk mengembangkan dan mempertahankan transaksi
yang sukses dengan para pelanggan sasarannya.
Keberhasilan
strategi pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan tergantung pada analisa dan
pengamatan yang cermat oleh perusahaan terhadapfaktor-faktor yang dapat
mempengaruhi strategi pemasaran perusahaan.
Strategi
pemasaran adalah logika pemasaran, dan berdasarkan itu, unit bisnisdiharapkan
untuk mencapai sasaran-sasaran pemasarannya.
Strategi
pemasaran perusahaan terdiri dari pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran
dari perusahaan, bauran pemasaran, dan alokasi pemasaran dalam hubungannya
dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dalam kondisi persaingan.
Strategi
pemasaran menyeluruh perusahaan tercermin dalam rencana strategi pemasaran
perusahaan (Corporate Marketing Plan)yang disusun.
Rencana
strategi pemasaran perusahaan adalah suatu rencana pemasaran jangka panjang
yang bersifat menyeluruh dan strategis, yang merumuskan berbagai strategi dan
program pokok dibidang pemasaran perusahaan pada suatu jangka waktu tertentu
dalam jangka panjang dimasa depan.
Ciri
penting rencana strategis pemasaran perusahaan ini adalah sebagai berikut:
a.
Titik-tolak penyusunannya melihat perusahaan secara keseluruhan
b.
Diusahakan dampak kegiatan yang direncanakan bersifat menyeluruh
c.
Dalam penyusunannya diusahakan untuk memahami kekuatan yang mempengaruhi
perkembangan perusahaan
d.
Waktu yang ditentukan adalah yang sesuai dan mempertimbangkan fleksibilitas
dalam menghadapi perubahan.
e.
Penyusunan rencana dilakukan secara realistis dan relevan dengan lingkungan
yang dihadapi.
Adapun faktor-faktor
yang dapat mempengaruhi strategi pemasaran pada suatu perusahaan adalah :
a. Lingkungan mikro
perusahaan
Lingkungan
mikro perusahaan terdiri dari para pelaku dalam lingkungan yang langsung
berkaitan dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya untuk melayani
pasar, yaitu:
1.
Perusahaan
Strategi
pemasaran yang diterapkan oleh bagian manajemen pemasaran harus memperhitungkan
kelompok lain di perusahaan dalam merumuskan rencana pemasarannya,
seperti
manajemenpuncak, keuangan perusahaan, penelitian dan pengembangan, pembelian,
produksi, dan akuntansi serta sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan,
karena manajer pemasaran juga harus bekerja sama dengan parastaff di bidang
lainnya.
2.
Pemasok (Supplier)
Para
pemasok adalah perusahaan-perusahaan dan individu yang menyediakan sumber daya
yang dibutuhkan oleh perusahaan danpara pesaing untuk memproduksi barang dan
jasa tertentu.
Kadang
kala perusahaan juga harus memperoleh tenaga kerja, peralatan, bahan bakar dan
faktor-faktor lain dari pemasok. Perkembangan dalam lingkungan pemasok dapat
memberi pengaruh yang arnat berarti terhadap pelaksanaan pemasaran suatu
perusahaan.
Manajer
pemasaran perlu mengamati kecenderungan harga dari masukan-masukan terpenting
bagi kegiatan produksi perusahaan mereka. Kekurangan sumber-sumber bahan
mentah, pemogokan tenaga kerja, dan berbagai kejadian lainnya yang berhubungan
dengan pemasok dapat mengganggu strategi pemasaran yang dilakukan dan
dijalankan perusahaan.
3.
Para Perantara Pemasaran Para perantara pemasaran
adalah
perusahaan-perusahaan yang membantu perusahaan dalam promosi,penjualan dan
distribusi barang/jasaepada para konsumen akhir.
Para perantara
pemasaran ini meliputi :
•
Perantara, adalah perusahaan atau individu yang membantu perusahaan untuk
menemukan konsumen.
Mereka
terbagi dua macam, yaitu agen perantara seperti agen, pialang danperwakilan
produsen yang mencaridan menemukan para pelanggan dan/atau mengadakan perjanjian
dengan pihak lain, tetapi tidak memiliki barang atau jasa itu sendiri.
•
Perusahaan Distribusi Fisik , perusahaan seperti ini membantu perusahaan dalam
penyimpanan dan pemindahan produk dari tempat asalnya ketempat-tempat yang
dituju.
•
Para Agen Jasa Pemasaran,seperti perusahaan atau lembaga penelitian
pemasaran,agen periklanan,perusahaan media, dan perusahaan konsultan
pemasaran,kesemuanya membantu perusahaan dalam rangka mengarahkan dan
mempromosikan produknya ke pasar yang tepat.
•
Perantara Keuangan,seperti bank,perusahaan kredit, danperusahaan lain yang
membantu dalam segi keuangan.
Belum ada tanggapan untuk "Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Strategi Pemasaran "
Posting Komentar