Informasiuntukumum
- Lingkungan makro terdiri dari kekuatan-kekuatan yang bersifat kemasyarakatan
yang lebih besar dan mempengaruhi semua pelaku dalam lingkungan mikro dalam
perusahaan, yaitu:
1.
Lingkungan Demografis/Kependudukan Lingkungan demografis / kependudukan
menunjukkan
keadaan dan permasalahan mengenai penduduk, seperti distribusi penduduk secara
geografis,tingkatkepadatannya, kecenderungan perpindahan dari satu tempat ke
tempat lain, distribusi usia, kelahiran, perkawinan, ras, suku bangsa dan
struktur keagamaan.
Ternyata
hal diatas dapat mempengaruhi strategi pemasaran suatu perusahaan dalam
memasarkan produknya karena publiklah yang membentuk suatu pasar
2.
Lingkungan Ekonomi.
Lingkungan
ekonomi menunjukkan sistem ekonomi yang diterapkankebijakan-kebijakan
pemerintah yang berkenaan dengan ekonomi penurunan dalam pertumbuhan pendapatan
nyata, tekanan inflasi yang berkelanjutan,perubahan pada pola belanja konsumen,
dan sebagainya yang berkenaan dengan perkonomian.
3.
Lingkungan Fisik
Lingkungan
fisik menunjukkan kelangkaan bahan mentah tertentuyang dibutuhkan oleh
perusahaan, peningkatan biaya energi, peningkatan angka pencemaran, dan
peningkatan angka campur tangan pemerintah dalam pengelolaan dan penggunaan
sumbersumber daya alam
4.
Lingkungan Teknologi
Lingkungan
teknologi rnenunjukkan peningkatan kecepatan pertumbuhan teknologi,kesempatan
pembaharuan yang tak terbatas, biaya penelitian dan pengembangan yang tinggi,
perhatian yang lebih besar tertuju kepada penyempurnaan bagian kecil produk
daripada penemuan yang besar, dan semakin banyaknya peraturan yang berkenaan
dengan perubahan teknologi.
5.
Lingkungan sosial/budaya
Lingkungan
ini menunjukkan keadaan suatu kelompok masyarakatmengenai aturan
kehidupan,norma dan nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat, pandangan
masyarakat dan lain sebagainya yang merumuskan hubungan antar sesama dengan
masyarakat lainnya serta lingkungan sekitarnya.
Belum ada tanggapan untuk "Arti Serta Macam-Macam Jenis Lingkungan Makro "
Posting Komentar