Informasiuntukumum
- Pada saat sekarang ini maupun saat kedepan, strategi pemasaran yang
diterapkan oleh suatu perusahaan harus disesuaikan tidak hanya pada sasaran
konsumen semata, tetapi juga pada para pesaing yang mengincar pasar sasaran
konsumen yang sama.
Perusahaan
sebelum menetapkan dan menjalankan strateginya hendaklah terlebih dahulu
malakukan analisa SWOT (Strength,Weakness,Opportunity and Treath) yaitu melihat
dan menganalisa kekuatan,kelemahan,peluang dan ancaman yang dimilikinya sendiri
dan juga yang dimilikioleh para pesaingnya.
Strategi
bersaing bergantung pada besar dan posisi masing-masing perusahaan dalam
pasar.Perusahaan besar mam pu menerapkan strategi tertentu, yang jelas tidak
bisa dilakukan oleh perusahaan kecil.
Tetapi
hanya dengan sekala besar saja tidaklah cukup,karena ada beberapa strategi bagi
perusahaan besar yang mampu menjamin keberhasilannya,
akan
tatapi ada juga strategi yang dapat merugikan dirinya sendir dan bukanlah
merupakan sesuatu hal yang jarang terjadi bahwa perusahaan kecil dengan
strateginya sendiri mampu rnenghasilkan tingkat keuntungan yang sama atau
bahkan lebih baikdaripada yang diperoleh perusahaan besar.
Sehubungan
dengan besarnya usaha maka dapat dibedakan menjadi empat kelompok usaha, yaitu:
a.
Market
Leader menguasai 40% pasarMarket Challanger menguasai 30% pasar
b.
Market
Follower menguasai 20% pasar
c.
Market
Nicher menguasai 10% pasar
a. Market Leader
Perusahaan
seperti ini memegang bagian terbesar dalam pasar, biasanya
perusahaan-perusahaan lain mengikuti tindakan-tindakan perusahaan dalam hal
perubahan harga, pengenalan produk baru, pencakupan saluran distribusi, dan
intensitas promosi.
Perusahaan
ini menjadi titik pusat orientasi para pesaing. Ia merupakan perusahaan yang
ditantang, ditiru, atau dijauhi. Kehidupan pemimpin pasar sungguhtidaklah
mudah, terkecuali bila perusahaan itu memang memiliki promosi resmi.
Perusahaan
tersebut senantiasa mempertinggi kewaspadaannya sebab para pesaingnya selalu
mencari dan mencoba memanfaatkan kelemahannya, meski sekecil apapun.
Perusahaan yang
dominan selalu ingin tetap menjadi nomor satu, oleh sebab itu,
perusahaan-perusahaan seperti ini biasanya mengembangkan strategi:
1.
Mengembangkan pasar keseluruhan, hal ini dapat dilakukan dengan cara:
-
Mencari
konsumen baru dengan cara strategi penerobosan pasar, strategi pasar baru, dan
strategi perluasan geografis
-
Mencari
dan mengenalkan kegunaan baru suatu produk -Meyakinkan masyarakal konsumen agar
menggunakan
-
produk
lebih banyak pada setiap kesempatan.
2.
Melindungi bagian-bagian pasar yang telah dikuasai.
Sementara
mencoba memperkuat pasar. Perusahaan yang dominan tetap harus melindungi
usahanya secara terus menerus dari serangansaingan-saingannya. Untuk itu yang
harus dikerjakan oleh perusahaan pemimpin dalam mempertahankan daerah
kekuasaannya adalah inovasi (Pembaharuan ) yang terus menerus.
3.
Meningkatkan bagian pasar. Selain mencari konsumen baru pada pasar yang baru,
perusahaan juga dapat meningkatkan jumlah konsumen pada bagian pasar yang sudah
dikuasai.
b. Market Challanger
Perusahaan
yang mempunyai urutan kedua atau lebih rendah lagi didalam pasar bisa disebut
"runner up" atau "Penyusul".
Mereka
dapat menyerang Market leader dan pesaing-pesaing lainnya dalam suatuusaha yang
gencar merebut bagian pasar, perusahaan inilah yang disebut Market Challanger.
Belum ada tanggapan untuk "Arti, Jenis Serta Cara Starategi Bersaing Dalam Pemasaran"
Posting Komentar