Di
setiap perusahaan memiliki peraturan tersendiri dalam prosedurmengirim dan
menerima berita melalui telepon.
Yang
pada umumnya, semua peraturan yang berlaku adalah etika sopan santun bertelpon
secara umum.
Standard
Operational Procedure (SOP) pada perusahaan, diberlakukan dengan tujuan agar
semua staf / anggota organisasi memberikan layanan informasi yang standar, dan
tidak sembarangan menggunakan telepon.
Biasakan
untuk sesegera mungkin mengangkat pesawat telepon bila berdering, namun bila
anda sedang di ruangan teman/orang lain, jangan mengangkat telepon kecuali anda
dimintai tolong.
Hal
ini perlu dicermati agar anda tidak melakukan kesalahan dan dianggap tidak
sopan serta mengganggu kerahasiaan perorangan/perusahaan.
Mencatat
pesan/berita melalui telepon harus dilakukan secara akurat,tidak hanya isi
berita tetapi juga harus dicatat hal-hal yang sangat penting seperti :
Nama
pengirim, waktu menerima tilpon, kepada siapa pesan ditujukan, nada dan
tekanan-tekana suara bila ternyata berita tilpun tersebut adalah ancaman atau
tipuan.
Diperlukan
pemusatan perhatian bila bertelpon sambil mengerjakan pekerjaan lain.
Belum ada tanggapan untuk "Prosedur Operasional Standar Dalam Menerima Telepon "
Posting Komentar