Berkomunikasi
melalui telepon terjadi pada semua perusahaan maupun perorangan, untuk itu
harus dikuasai teknik-teknik bertelepon dan etika penggunaan telepon.
Berkomunikasi
melalui telepon harus jelas dan singkat tanpa mengurangi kualitas informasi
yang akan disampaikan.
Membuat
ikhtisar (resume) atau butir-butir (point-point) penting yang dibicarakan;
sangat diperlukan untuk memeriksa kembali (review) dan memastikan penyerapan
(penerimaan info) itu benar sesuai dengan apa yang dimaksud pemberi pesan,
apalagi informasi atau komunikasi tersebut merupakan komunikasi yang formal.
Informasi
yang mungkin didapat dan disampaikan melalui telepon dapat berupa promosi,
penjelasan detail produk, cara pembayaran, informasi barang baru, informasi
pindah alamat,peringatan adanya barang palsu dll.
Perlu
kewaspadaan dalam mempercayai berita melalui telepon, terutama berita yang
isinya mengandung ancaman, pemerasan dan penipuan.
Berita
tersebut hendaknya direspon dengan tenang, jangan ditutup, tetapi upayakan agar
penelpon bicara lebih panjang ,sementara anda menggalai dan mempelajari
ciri-ciri suara penelpon.
Lakukan
semuanya dengan tenang dan segera sampaikan kepada yang berwenang. Ingat,
jangan mengambil tindakan sendiri !
Baguss
BalasHapus