a.
Pasar
Pasar
terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan
tertentu serta mau dan mampu turut dalam pertukaran untuk memenuhi kebutuhan
atau keinginan itu. Istilah pasaruntuk menunjukan pada sejumlah pembeli dan
penjual melakukan transaksi pada suatu produk.
b.
Pemasaran dan Pemasar
Pemasaran
adalah keinginan manusia dalam hubungannya dengan pasar, pemasaran maksudnya
bekerja dengan pasar untuk mewujudkan transaksi yang mungkin terjadi dalam
memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia.
Pemasar
adalah orang yang mencari sumberdaya dari orang lain dan mau menawarkan sesuatu
yang bernilai untuk itu. Kalau satu pihak lebih aktif mencari pertukaran
daripada pihaklain, maka pihak pertama adalah pemasar dan pihak kedua adalah
calon pembeli.
Pertama
kali konsumen berhubungan dengan perusahaan tentu muncul lebih dulu perhatian
(attention) misalnya pada saat konsumen lewat di depan toko,konsumen tersebut
akan memperhatikan satu jenis barang yang dipajangkan di etalase depan toko,
kemudian
konsumen tersebut timbul minatnya (interest) lalu Dia akan masuk ke dalam
toko,setelah masuk ke dalam toko Dia mencari pramuniaganya dan minta diambilkan
barang yang dia inginkan,ini berarti keinginannya (desire) makin meningkat,
kemudian
dia akan menanyakan berapa harganya,lalu terjadi tawar menawar, cocok harga,
langsung dibayar dikas (action) setelah barang tersebut dikosumsi maka akan
muncul dua kemungkinan konsumen tersebut puas atau tidak.
pemasar itu penjual berarti
BalasHapus