ada lima konsep
pemasaran yang mendasari cara organisasi melakukan kegiatan pemasarannya yaitu
· konsep produksi
(production conceps),
· konsep produk
(product concept),
· konsep penjualan
(selling concept),
· konsep pemasaran
(marketing concept), dan
· konsep sosial atau
konsep kemasyarakatan (societal concept).
evolusi yang terdapat
dalam perkembangan kehidupan manajemen pemasaran adalah :
1)
Konsep produksi ( production concept)
Konsep
produksi bertitik tolak dari anggapan ,bahwa konsumen ingin produk yang harga
murah dan mudah dipakai dimana mana,produsen yang menganut konsep ini, akan
membuat produksi secara masal menekankan biaya dengan efisiensi tinggi ,
sehingga
harga pokok pabrik bisa ditekan dan harga jual lebih rendah dari
saingan.produsen tipe ini akan mendistribusikan hasil produksinyake seluruh
pelosok agar mudah diperoleh konsumen,
konsep
ini merupakan konsep awal dari produsen untuk menguasai pasar konsep ini akan
berhasil jika memang belum banyak saingan dan konsumen belum memperhatikan
kualitas,yang diutamakan konsumen ialah terpenuhi kebutuhannya (needs) masalah
wants belum diperhatikan.
Kesimpulannya
Konsep ini berpendapat bahwa pelanggan akan memilih produk yang menawarkan
mutu, kinerja terbaik dan inovatif dalam hal ini memuaskan perhatian
untukmembuat produk yang lebih baik dan terus menyempurnakannya.
Industri
yang berwawasan ini cenderung tidak memperhatikan keinginan dan kebutuhan dari
pelanggan, sehingga divisi pemasaran akan mengalami kesulitan dalam pemasaran.
2) Konsep produk (
product concept)
Konsep
ini adalah salah satu konsep tertua, yaitu akan memilih produk yang mudah
didapat dan murah harganya. Dalam hal ini memusatkan perhatiannya untuk
mencapai efisiensi produksi yang tinggi serta cakupan distribusi yang luas.
Pada
saat barang masihlangka di pasar, maka produsen memusatkan perhatian pada
teknis pembuatan produk saja, produsen belum memperhatikan selera konsumen
,produsen hanya membuat barang dengan to please on self, hanya menuruti
bagaimana selera produsen sendiri,
mereka didasari
pemikiran pada premis premis berikut :
(a).
Konsumen akan lebih memperhatikan mutu berbagai macam barang sebelum mereka
membeli.
(b).
Konsumen mengetahui perbedaan mutu berbagai macam barang
(c).
Konsumen selalu mencari barang dengan mutu baik
(d).
Produsen harus selalu menjaga mutu untuk mempertahankan langganan.
Konsep
ini dapat dijalankan apabila permintaan produk melebihi penawarannya dan dimana
biaya produk tersebut sangat tingi. Kelemahan konsep pemasaran ini adalah
pelayanan tidak ramah
dan
buruk.
3) Konsep penjualan (
selling concept )
Disini
produsen membuat barang, kemudian harus menjual barang itu dengan berbagai
teknik promosi, hal yang penting disini ialah adanya kegiatan promosi secara
maksimal, paham dari konsep ini ialah konsumen pasti akan mau membeli barang,
bila mereka dirangsang untuk membeli, promosi besar besaran adalah merupakan
ciri khas dari selling concept, premis yang mendasari konsep penjualan ini
adalah:
a). Kensumen
cenderung menolak membeli barang yang tidak penting oleh sebab itu mereka harus
didorong untuk membeli
b). Konsumen dapat
dipengaruhi melalui stimulasi promosi
c). Tugas produsen
ialah mendorong penjualan
Kesimpulannya
Konsep ini beranggapan bahwa pelanggan enggan membeli dan harus didorong supaya
membeli.
Konsep
ini sering digunakan pada “ Produk yang tidak dicari” atau tidak terpikir untuk
dibeli serta pada industri yang mengalami kelebihan kapasitas produksi.
4) Konsep Pemasaran .
Disini
produsen tidak hanya sekedar membuat barang, tidak pula asal melancarkan
promosi, akan tetapi produsen memusatkan perhatian pada selera konsumen,
produsen memperhatikan needs dan wants dari konsumen,dalam hal ini produsen
lebih memperhatikan kebutuhan konsumen dan keinginan konsumen,konsumen tidak
hanya membeli fisik barang tetapi mengharapkan sesuatu dari barang itu, ini
yang disebut dengan wants, yaitu ada sesuatu yang lain yang diharapkan setelah
membeli barang
tersebut,
jika ini bisa dipuaskan maka kegiatan marketing perusahaan akan mencapai
sukses,premis yang mendasari konsep pemasaran ini adalah ;
a.
Konsumen selalu memilih barang yang dapat memuaskan needs dan wants nya
b.
Konsumen dapat dikelompokan berdasar needs dan wantnya
c.
Tugas organisasi adalah meneliti dan menetapkan segmentasi dan memilih pasar
serta mengembangkanb program pemasaran yang efektif
•
Komponen konsep pemasaran
Sasaran
utama marketing Consep (konsep pemasaran) adalah Kepuasan konsumen, ada tiga
komponen penting dalam marketing konsep yaitu customer needs and want,
organizationally integreted marketing strategy and goals (Bygrave 1994 : 68).
Inti
dari marketing concept ini adalah bukan membuat konsumen mengikuti keinginan
produsen, tetapi sebaliknya mengharuskan produsen memahami dan berusaha
mengikuti selera konsumen.
Marketing
mulai dengan pertanyaan apakah yang dibeli oleh konsumen ? jawabannya adalah
kepuasan.konsumen mencari nilai dan terpenuhi, komponen kedua yang membentuk
marketing konsep ialah organisasi yang terigrentasi, yang utuh.
Semua
harus mempunyai saasaran yang sama yaitu customer focus, komponen ke tiga yaitu
goal archievement, memang tujuan perusahaan ialah untuk meningkatkan volume
penjualan,
tetapi
jangan hanya menekankan peningkatan volume, juga harus membuat kegiatan
marketing lebih efektif yang menunjang terhadap penjualan yang menguntungkan,
tujuan lainnya ialah meningkatkan image terhadap perusahaan dan memperluas
market share.
a.
Pemasaran terpadu
Pemasaran
terpadu pada dasarnya bermakna ganda,Pertama, berbagai fungsi pemasaran, armada
penjualan, periklanan dan riset pemasaran harus terkoordinasi secara baik dan
benar.
Kedua,
pemasaran harus terkoordinasi secara baik dengan bagian bagian lain dari
perusahaan,dengan demikian keberhasilan pemasaran harus ditentukan oleh seluruh
karyawan yang selalu menyadari bagaimana kegiatan yang mereka lakukan
mempunyaidampak terhadap kepuasaan pelanggan,disamping itu, konsep pemasaran
juga menuntut perusahaan agar melaksanakan pemasaran intern dan pemasaran
ekstern.
Pemasaran
intern adalah tugas memperkerjakan, melatih dan memotivasi karyawan yang cakap
secara berhasil untuk melayani pelanggaan dengan baik,
bahkan
pemasaran intern harus dilakukan terlebih dahulu sebelum pemasaran ekstern.dalam
pemasaran ekstern kegiatan yang dilakukanadalah menyiapkan ,memberi harga
,mendistribusikan dan
mempromosikan
produk ke konsumen
b.
Kemampulabaan (Profitbility)
Konsep
pemasaran bukan hanya diarahkan kepada usaha pemenuhan kebutuhan dan keinginan
pelanggan, tetapi melalui kepuasaan pelanggan peruasahaan juga mendapatkan laba
dan sekaligus menemukan cara yang menguntugkan untuk memuaskan beragm
keinginan.
Perbedaan
tentang konsep penjualan dan konsep pemasarandikemukakan oleh William J. Stanton
antara lain sebagai berikut:
Konsep
Penjualan Konsep Pemasaran
1
Mengutamakaan kebutuhanPokok pihak penjual
2.
Dipenuhi dengan kebutuhan penjual untuk mengubah produknya menjadi uangtunai
Melalui
produk dan segala hal yang berkaitan dengan penciptaan, penyampaian dan
akhirnya pemakaian produk tersebut
5). Konsep Pemasaran
Kemasyarakatan
Konsep
pemasaran kemasyarakatan atau sering disebut konsep pemasaran sosial mencoba
untuk menyempurnakan konsep pemasaran.
Dasar pemikiran yang
terkandung dalam konsep pemasaraan kemasyarakatan adalah:
a.
Keinginan
konsumen tiadak selalu segaris dengan kepentingan jangka panjang mereka maupun
b.
kepentingan
jangka panjang masyarakat.
c.
Para
konsumen akan bertambah yang memilih organisasi yang menunjukan minat terhadap
d.
keinginan
dan kepentingan jangka panjang masyarakat.
e.
Tugas
organisasi adalah melayani pasar yang menjadi sasaran dan cara membuahkan hasil
tidak hanya terpuaskannya keinginan tetapisekaligus juga terpenuhinnya
kesejahteraan perorangaan maupun masyarakat dalam jangka panjangsebagai kunci
untuk menarik langganan dan mempertahankannya.
Belum ada tanggapan untuk "Macam-Macam Konsep Pemasaran Beserta Penjelasannya"
Posting Komentar