a.
Pasar
Pasar
terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan
tertentu serta mau dan mampu turut dalam pertukaran untuk memenuhi kebutuhan
atau keinginan itu. Istilah pasaruntuk menunjukan pada sejumlah pembeli dan
penjual melakukan transaksi pada suatu produk.
b.
Pemasaran dan Pemasar
Pemasaran
adalah keinginan manusia dalam hubungannya dengan pasar, pemasaran maksudnya
bekerja dengan pasar untuk mewujudkan transaksi yang mungkin terjadi dalam
memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia.
Pemasar
adalah orang yang mencari sumberdaya dari orang lain dan mau menawarkan sesuatu
yang bernilai untuk itu. Kalau satu pihak lebih aktif mencari pertukaran
daripada pihaklain, maka pihak pertama adalah pemasar dan pihak kedua adalah
calon pembeli.
Pertama
kali konsumen berhubungan dengan perusahaan tentu muncul lebih dulu perhatian
(attention) misalnya pada saat konsumen lewat di depan toko,konsumen tersebut
akan memperhatikan satu jenis barang yang dipajangkan di etalase depan toko,
kemudian
konsumen tersebut timbul minatnya (interest) lalu Dia akan masuk ke dalam
toko,setelah masuk ke dalam toko Dia mencari pramuniaganya dan minta diambilkan
barang yang dia inginkan,ini berarti keinginannya (desire) makin meningkat,
kemudian
dia akan menanyakan berapa harganya,lalu terjadi tawar menawar, cocok harga,
langsung dibayar dikas (action) setelah barang tersebut dikosumsi maka akan
muncul dua kemungkinan konsumen tersebut puas atau tidak.
ada lima konsep
pemasaran yang mendasari cara organisasi melakukan kegiatan pemasarannya yaitu
· konsep produksi
(production conceps),
· konsep produk
(product concept),
· konsep penjualan
(selling concept),
· konsep pemasaran
(marketing concept), dan
· konsep sosial atau
konsep kemasyarakatan (societal concept).
evolusi yang terdapat
dalam perkembangan kehidupan manajemen pemasaran adalah :
1)
Konsep produksi ( production concept)
Konsep
produksi bertitik tolak dari anggapan ,bahwa konsumen ingin produk yang harga
murah dan mudah dipakai dimana mana,produsen yang menganut konsep ini, akan
membuat produksi secara masal menekankan biaya dengan efisiensi tinggi ,
sehingga
harga pokok pabrik bisa ditekan dan harga jual lebih rendah dari
saingan.produsen tipe ini akan mendistribusikan hasil produksinyake seluruh
pelosok agar mudah diperoleh konsumen,
konsep
ini merupakan konsep awal dari produsen untuk menguasai pasar konsep ini akan
berhasil jika memang belum banyak saingan dan konsumen belum memperhatikan
kualitas,yang diutamakan konsumen ialah terpenuhi kebutuhannya (needs) masalah
wants belum diperhatikan.
Kesimpulannya
Konsep ini berpendapat bahwa pelanggan akan memilih produk yang menawarkan
mutu, kinerja terbaik dan inovatif dalam hal ini memuaskan perhatian
untukmembuat produk yang lebih baik dan terus menyempurnakannya.
Industri
yang berwawasan ini cenderung tidak memperhatikan keinginan dan kebutuhan dari
pelanggan, sehingga divisi pemasaran akan mengalami kesulitan dalam pemasaran.
2) Konsep produk (
product concept)
Konsep
ini adalah salah satu konsep tertua, yaitu akan memilih produk yang mudah
didapat dan murah harganya. Dalam hal ini memusatkan perhatiannya untuk
mencapai efisiensi produksi yang tinggi serta cakupan distribusi yang luas.
Pada
saat barang masihlangka di pasar, maka produsen memusatkan perhatian pada
teknis pembuatan produk saja, produsen belum memperhatikan selera konsumen
,produsen hanya membuat barang dengan to please on self, hanya menuruti
bagaimana selera produsen sendiri,
Belum ada tanggapan untuk "Arti, Perbedaan Pasar dan Pemasaran Serta Pemasar"
Posting Komentar