Informasiuntukumum
- Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pola konsumsi ( patern of consumption).
hal ini tergantung kepada:
a. Penghasilan yang
diperoleh.
Jika
penghasilan yang diperoleh kecil, maka pola konsumsinya kecil atau mungkin
dibawah rata-rata.
Tetapi
yang penghasilannya besar kemungkinan pola kosumsinya lebih besar, mereka tidak
hanya mencukupi kebutuhan primer (utama) saja bahkan mungkin juga dapat
memenuhi kebutuhan sekundernya dengan sempurna atau lebih dari itu mereka dapat
memperoleh hal-hal yang bersifat kemewahan.
b. Pendidikan.
Pendidikan
seseorang juga akan mempengaruhi pola konsumsinya.
Orang
yang hanya berpendidikan rendah jarang memikirkan hal-hal di luar kemampuannya,
sedangkan orang yang berpendidikan lebih tinggi cenderung untuk memenuhi
kebutuhan itu sesuai dengan tingkat atau macam pendidikannya.
Misalkan:
Seseorang lulusan perguruan tinggi lebih banyakmenginginkan buku daripada
seseorang lulusan sekolah dasar.
c. Tempat tinggal dan
iklim.
Tempat
tinggal dan iklim sangat berpengaruh kepada pola konsumsi seseorang. Misalkan
saja orang yang tinggal di daerah dingin akan banyak memerlukan makanan-
makanan yang menghangatkan badan dan pakaian-pakaian hangat.
d. Agama/kepercayaan.
Agama
dan kepercayaan yang dianut oleh seseorang juga mempengaruhi pola konsumsinya.
Sebagai
contoh, dalam pembelian makanan, mereka akan memilih jenis makanan yang
dihalalkan menurut agama atau kepercayaannya.
e. Umur
Umur
seseorang sudah tentu banyak mempengaruhi pola konsumsi.
Misalnya:
Orang dewasa membutuhkan makanan lebih banyak, butuh hiburan dan sebagainya.
Sedangkan
anak kecil makanannya relatif sedikit dari orang dewasa, kemudian mereka juga
perlu barang mainan dan sebagainya.
f. KebangsaanKebangsaan
juga sangat mempengaruhi pola konsumsi.
Hal
ini karena adat-istiadat atau kebiasaan. Misalkan orang-orang di Asia lebih
banyak yang bergantung pada beras dibandingkan dengan orang-orang di Eropa atau
di Amerika.
g. Pekerjaan
Pekerjaan
juga dapat mempengaruhi pola konsumsi seseorang.
Misal:
petani tidak atau jarang yang memerlukan pakaian lengkap dengan dasi kecuali
kalau pesta, tetapi pekerja kantoran lebih banyak memerlukan pakaian yang
necis.
Peralatan
yang diperlukan pun masing- masing berbeda. Demikian pula dengan keperluan rumah
tangganya akan menunjukan pola yang berbeda.
Belum ada tanggapan untuk "Faktor Yang Mempengaruhi Pola Konsumsi Dalam Pemasaran Produk"
Posting Komentar