Pelanggan
dan teman kerja mungkin saja dari kelompok/budaya yang berbeda yang harus tetap
dihargai dan diperlakukan dengan respek dan memperhatikan sensitifitas
Perbedaan budaya antar tamu atau hubungan timbal balik antar tamu/ tamu ataupun
pelanggan, dapat menimbulkan diskriminasi pelayanan ataupun komunikasi.
Perbedaan
ini, timbul karena perilaku dan cara berinteraksi antarkelompok / orang yang
memiliki nilai-nilai kehidupan yang dianutnya.
Perbedaan
ini seringkali akan kelihatan aneh bagi kolompok/orang lain. Saling menghargai
terhadap perbedaan budaya akan memberikan pemahaman mengapa orang bertindak
(aksi) seperti yang mereka anggap baik (sesuai dengan apa yang dianutnya /biasa
dilakukan) dan bereaksi kepada kita suatu tindakan yang merekaanggap baik.
Aksi
dan reaksi dari satu pihak, seringkali sulit ditolerir oleh pihak lain terutama
dengan latar belakang yang berbeda, Perbedaan sosial budaya, harus dipahami
dalam memberikan
pelayanan
Perbedaan sosial budaya
berkaitan dengan :
-Latar
belakang pendidikan
-Nilai-nilai
yang dianut dalam keluarga
-Ras/kelompok
etnis/marga, bahasa, agama
-Struktur
keluarga dan usia, jenis kelamin /gender
-Pilihan
seksual, status ekonomi, kasta, golongan, suku
Yang
harus diingat dalam mengatasi perbedaan budaya adalah bahwa
pembicaraan atau
interaksi jangan sampai menimbulkan salah paham
Belum ada tanggapan untuk "Perbedaan Sosial dan Budaya "
Posting Komentar