Verbal
dan vocal dalam berkomuniasi juga sangat dipengaruhi oleh Non Verbal, walaupun
tidak tampak secara visual, namun terekspresi dalam suara, kecuali jarak dan
penampilan diri. Dalam hal ini, jarak dapat diartikan sebagai jarak antara
pesawat telpon dengan sumber suara (mulut kita).
Mendengarkan dengan
efektif
Mendengarkan
sangat berbeda dengan hanya mendengar; bedakan to hear dengan to listen Mendengar hanya mendengar untuk diingat
sebentar tanpa diproses, bedanya dengan mendengarkan adalahbahwa informasi
diproses melalui pencernaan(observing ) dan pemaknaan (thinking), sehingga
dengan mendengarkan akan diperoleh hasil yaitu tindakan (action).
Sebagai
insan yang bergerak dibidang jasa pelayanan, ketrampilan mendengarkan lebih
banyak dibutuhkan yaitu mendengarkan untuk pengumpulan informasi dan
mendengarkan untuk menentukan action setelah diselidiki dan dipikirkan.
Mendengarkan
ialah mengumpulkan informasi untuk dipergunakansebagai modal memberi
petunjuk/informasi kepada orang lain dan untuk menentukan tindakan selanjutnya.
Mendengarkan
dengan seksama akan membantu memberi kesan bahwa anda berminat terhadap topik,
membuat teman pembicara merasa senang dan bersemangat dalam menyampaikan
informasi atau ide-ide, dan juga bermanfaat untuk mengurangi kejengkelan atau
konflik, karena sudah tersalur untuk didengar. Pembicara juga merasa dihormati
dan merasa diperlakukan dengan ramah tamah.
Belum ada tanggapan untuk "Peran Non Verbal Dalam Berkomunikasi Melalui Telepon "
Posting Komentar