Perlu
diketahui beberapa metode pelayanan, antara lain:
a. Melaksanakan layanan
yang menawan :
-Informasi
yang akurat akan meningkatkan kepercayaan (trust), dan kepuasan (satisfaction)
-Mengidentifikasi
adanya kebutuhan yang tersembunyi dan siap memberi bantuan
-Mengantisipasi,
pengertian dan merasakan kebutuhan pelanggan
-Selalu
ramah tamah(friendly), sopan santun, dan melayani lebih dari permintaan
-Mempromosikan
perusahaan untuk hubungan bisnis berikutnya
b. Harapan pelanggan
“Prompt
action to resolve the problem is better than the customer leaving, never
toreturn and telling everyone they know about the unfavourable experience”
Atasi
masalah dengan cepat, lebih baik dari pada membiarkan pelanggan menunggu,
mereka tak akan kembali dan menceritakannya ketidak beruntungannya (pengalaman
pahit) pada setiap orang
c. Ketepatan dan
kecepatan waktu dalam memberikan pelayanan.
Semua
organisasi dinilai kemampuannya dalam menanggapidengan cepat suatu kejadian,
apakah kecepatan untuk menyadari adanya kebutuhan pelanggan pada kesempatan
pertama atau kemampuannya melakukan pelayanan yang prima dibandingkan
perusahaan pesaing lain. Untuk memastikan ketepatan dan kecepatan waktu
pelayanan, perusahaan harus dapat mengidentifikasikan apa yang diinginkan
pelanggan sebagai penggantian nilai dengan apa yang telah dibelinya.
d. Mengenali keinginan
wisatawan
-
Dilayani
dengan ramah tamah(friendly) dan sopan santun
-
Dibantu
saat diperlukan
-
Kejelasan,
nyaman, dan aman
-
Dikenali
dan diingat
-
Didengar
dan dimengerti
-
Dilayani
dengan cepat dan penuh perhatian
e. Alasan utama
ketidakpuasan pelanggan/tamu :
-
Diabaikan,
layanan lamban
-
Kurangnya
pengetahuan produk
-
Tidak
merasakan harapan dan kebutuhan pelanggan
-
Suasana
yang tidak nyaman (bising, simpangsiur)
Belum ada tanggapan untuk "Macam-Macam Metode Pelayanan Bagi Pelanggan / Customer"
Posting Komentar