Menganalisis/Mengevaluasi
hasil hubungan yang telah dijalin dengan pelanggan Pendahuluan
Informasiuntukumum
- Pemasaran merupakan suatu proses
merencanakan dan menjalankan serangkaian konsep mengenai harga,promosi,dan
konsepdistribusi terhadap suatu ide-ide, barang,dan jasa untuk menciptakan
pertukaran yang memuaskan individu, organisasi, dan masyarakat (Dalrymple:1995)
Pemasaran
memiliki fokus bagaimana agar kita dapat merubah suatu kebutuhan menjadi suatu
keinginan Menerapkan pemasaran berarti melakukan usaha-usaha untuk mengetahui
apa yang dibutuhkan oleh seorang individu, dan berusaha membuat suatu produk
atau jasa yang dapat memuaskan kebutuhan-kebutuhan tersebut serta melakukan
usaha-usaha untuk meyakinkan individu tersebut bahwa produk atau jasa yang kita
hasilkan sesuai dengan yang dia butuhkan.
Merubah
kebutuhan menjadi keinginan merupakan pekerjaan yang berat dimana disini
terjadi “battle of mind”, dimana seorang pemasar harus jeli dan cermat untuk
memberikan afeksi kepada seseorang seseorang.
Pemasaran
merupakan hal yang dinamis sama seperti seorang manusia yang dinamis, memahami
manusia yang cepat berubah merupakan tantangan bagi konsep-konsep pemasaran
agar cepatmengkondisikan konsepnya dengan perubahan yang terjadi pada seorang
manusia
Adapun
tujuan pemasaran adalah mengenal dan memahami pelanggan sedemikian rupa
sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.
Idealnya
pemasaran menyebabkan pelanggan siap membeli sehingga yang tinggal hanyalah
bagaimana membuat produknya tersedia.
Sedangkan
proses pemasaran terdiri dari analisa peluang pasar, meneliti dan memilih pasar
sasaran, merancang strategi pemasaran, merancang program pemasaran, dan
mengorganisir, melaksanakan serta mengawasi usaha pemasaran.
Belum ada tanggapan untuk "Macam-Macam Bentuk dan Cara Pemasaran"
Posting Komentar