1.
Kebutuhan, Keinginan dan Permintaan
Ada
perbedaan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan.
Kebutuhan
manusia adalah keadaan dimana manusia merasa tidak memiliki kepuasan dasar.
Kebutuhan tidak diciptakan oleh masyarakat atau pemasar, namun sudah ada dan
terukir dalam hayati kondisi manusia. keinginan adalah hasrat akan pemuas
tertentu dari kebutuhantersebut.
Keinginan
manusia dibentuk oleh kekuatan dan institusi sosial. Sedangkan Permintaan
adalah keinginan akan sesuatu yang didukung dengan kemampuan serta kesediaan
membelinya.keinginan menjadi permintaan bila didukung dengan daya beli.
Perbedaan
ini bisa menjelaskan bahwa pemasar tidak menciptakan kebutuhan; kebutuhan sudah
ada sebelumnya.
Pemasar
mempengaruhi keinginan dan permintaan dengan membuat suatu produk yang cocok,
menarik,terjangkau dan mudah didapatkan oleh pelanggan yang dituju.
a.
Produk
Produk
adalah sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan
pelanggan. Pentingnya suatu produk fisik bukan terletak pada kepelikannya
tetapi pada jasa yang dapat diberikannya.
Oleh
karena itu dalam membuat produk harus memperhatikan produk fisik dan jasa yang
diberikan produk tersebut.
b.
Nilai, Biaya dan Kepuasan
Nilai
adalah perkiraan pelanggan tentang kemampuan total suatu produk untuk memenuhi
kebutuhannya. Setiap produk memiliki kemampuan berbeda untuk memenuhi kebutuhan
tersebut, tetapi pelanggan akan memilih produk mana yang akan memberi
kepuasantotal paling tinggi.
Nilai
setiap produk sebenarnya tergantung dari seberapa jauh produk tersebut dapat
mendekati produk ideal, dalam ini termasuk harga.
2.
Pertukaran, Transaksi dan Hubungan
Kebutuhan
dan keinginan manusia serta nilai suatu produk bagi manusia tidak cukup untuk
menjelaskan pemasaran. Pemasaran timbul saat orang memutuskan untuk memenuhi
kebutuhan serta keinginannya dengan pertukaran.
pertukaran
adalah salah satu cara mendapatkan suatu produk yang diinginkan dari seseorang
dengan menawarkan sesuatu sebagai gantinya.
pertukaran
merupakan proses dan bukan kejadian sesaat.masing-masing pihak disebut berada
dalam suatu pertukaran bila mereka berunding dan mengarah pada suatu
persetujuan.
Jika
persetujuan tercapai maka disebut transaksi.transaksi merupakan pertukaran
nilai antara dua pihak,untuk kelancaran dari transaksi makahubungan yang baik
dan saling percaya antara pelanggan, distributor, penyalur dan pemasok akan
membangun suatu ikan ekonomi, teknis dan sosial yang kuat dengan mitranya.
sehingga
transaksi tidak perlu dinegosiasikan setiap kali, tetapi sudah menjadi hal yang
rutin,hal ini dapat dicapai dengan menjanjikan serta menyerahkan mutu produk,
pelayanan dan harga yang wajar secara kesinambungan.
a.
Pasar
Pasar
terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan
tertentu serta mau dan mampu turut dalam pertukaran untuk memenuhi kebutuhan
atau keinginan itu. Istilah pasaruntuk menunjukan pada sejumlah pembeli dan
penjual melakukan transaksi pada suatu produk.
b.
Pemasaran dan Pemasar
Pemasaran
adalah keinginan manusia dalam hubungannya dengan pasar, pemasaran maksudnya
bekerja dengan pasar untuk mewujudkan transaksi yang mungkin terjadi dalam
memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia.
Pemasar
adalah orang yang mencari sumberdaya dari orang lain dan mau menawarkan sesuatu
yang bernilai untuk itu. Kalau satu pihak lebih aktif mencari pertukaran
daripada pihaklain, maka pihak pertama adalah pemasar dan pihak kedua adalah
calon pembeli.
Pertama
kali konsumen berhubungan dengan perusahaan tentu muncul lebih dulu perhatian
(attention) misalnya pada saat konsumen lewat di depan toko,konsumen tersebut
akan memperhatikan satu jenis barang yang dipajangkan di etalase depan toko,
kemudian
konsumen tersebut timbul minatnya (interest) lalu Dia akan masuk ke dalam
toko,setelah masuk ke dalam toko Dia mencari pramuniaganya dan minta diambilkan
barang yang dia inginkan,ini berarti keinginannya (desire) makin meningkat,
kemudian
dia akan menanyakan berapa harganya,lalu terjadi tawar menawar, cocok harga,
langsung dibayar dikas (action) setelah barang tersebut dikosumsi maka akan
muncul dua kemungkinan konsumen tersebut puas atau tidak.
Belum ada tanggapan untuk "Konsep Pemasaran ( Marketing concept) "
Posting Komentar