Informasiuntukumum
- Sasaran utama marketing Consep (konsep pemasaran) adalah Kepuasan konsumen,
ada tiga komponen penting dalam marketing konsep yaitu customer needs and want,
organizationally integreted marketing strategy and goals (Bygrave 1994 : 68).
Inti
dari marketing concept ini adalah bukan membuat konsumen mengikuti keinginan
produsen, tetapi sebaliknya mengharuskan produsen memahami dan berusaha
mengikuti selera konsumen.
Marketing
mulai dengan pertanyaan apakah yang dibeli oleh konsumen ? jawabannya adalah
kepuasan.konsumen mencari nilai dan terpenuhi, komponen kedua yang membentuk
marketing konsep ialah organisasi yang terigrentasi, yang utuh.
Semua
harus mempunyai saasaran yang sama yaitu customer focus, komponen ke tiga yaitu
goal archievement, memang tujuan perusahaan ialah untuk meningkatkan volume
penjualan,
tetapi
jangan hanya menekankan peningkatan volume, juga harus membuat kegiatan
marketing lebih efektif yang menunjang terhadap penjualan yang menguntungkan,
tujuan lainnya ialah meningkatkan image terhadap perusahaan dan memperluas
market share.
a.
Pemasaran terpadu
Pemasaran
terpadu pada dasarnya bermakna ganda,Pertama, berbagai fungsi pemasaran, armada
penjualan, periklanan dan riset pemasaran harus terkoordinasi secara baik dan
benar.
Kedua,
pemasaran harus terkoordinasi secara baik dengan bagian bagian lain dari
perusahaan,dengan demikian keberhasilan pemasaran harus ditentukan oleh seluruh
karyawan yang selalu menyadari bagaimana kegiatan yang mereka lakukan
mempunyaidampak terhadap kepuasaan pelanggan,disamping itu, konsep pemasaran
juga menuntut perusahaan agar melaksanakan pemasaran intern dan pemasaran
ekstern.
Pemasaran
intern adalah tugas memperkerjakan, melatih dan memotivasi karyawan yang cakap
secara berhasil untuk melayani pelanggaan dengan baik,
bahkan
pemasaran intern harus dilakukan terlebih dahulu sebelum pemasaran ekstern.dalam
pemasaran ekstern kegiatan yang dilakukanadalah menyiapkan ,memberi harga
,mendistribusikan dan
mempromosikan
produk ke konsumen
b.
Kemampulabaan (Profitbility)
Konsep
pemasaran bukan hanya diarahkan kepada usaha pemenuhan kebutuhan dan keinginan
pelanggan, tetapi melalui kepuasaan pelanggan peruasahaan juga mendapatkan laba
dan sekaligus menemukan cara yang menguntugkan untuk memuaskan beragm
keinginan.
Belum ada tanggapan untuk "Komponen Konsep Pemasaran "
Posting Komentar