Portalpelajaranlengkap
- Periklanan dapat melakukan fungsi-fungsi berikut di dalam pasar barang
industri :
•
Membangun kesadaran
Calon
pembeli yang belum mengetahui tentang perusahaan atau produk mungkin menolak
menemui wiraniaga. Iklan dapat menjadi sarana perkenalan bagi perusahaan dan
produknya.
•
Membangun pemahaman
Jika
produk tersebut memiliki beberapa keistimewaan baru, sebagian tugas menjelaskan
hal itu dapat dilakukan secara efektif oleh iklan.
•
Pengingat yang efisien
Jika
calon pembeli mengetahui produk tersebut, tetapi tidak siap untuk membeli,
iklan yang mengingatkan akan lebih ekonomis daripada kunjungan penjualan.
•
Menciptakan langkah awal
Iklan
yang menawarkan brosur dan mencantumkan nomor telepon perusahaan adalah cara
yang efektif untuk menciptakan langkah awal bagi wiraniaga.
•
Legitimasi
Wiraniaga
dapat menggunakan iklan perusahaan yang dimuat di majalah terkenal untuk
mengabsahkan keberadaan perusahaan dan produknya.
•
Menyakinkan kembali
Iklan
dapat mengingatkan pelanggan cara menggunakan produk itu dan menyakinkan mereka
kembali tentang pembelian mereka.
Sejumlah
penelitian telah menunjukkan peranan penting periklanan dalam pemasaran antar
bisnis (business-to-business marketing), Morrill dalam penelitiannya tentang
pemasaran komoditas industri menunjukkan bahwa periklanan yang dikombinasikan
dengan penjualan personal dapat meningkatkan penjualan sebesar 23% di atas
penjualan yang dilakukan tanpa periklanan.
Total
biaya promosi sebagai persentase dari penjualan menurun sebesar 20%.
Belum ada tanggapan untuk "Macam-Macam Fungsi Iklan/Periklanan"
Posting Komentar