Di dalam menciptakan
dan meningkatkan kualitas produk, setiap perusahaan harus melaksanakan
strategi, yaitu :
a).
Penyempurnaan kualitas
Penyempurnaan
kualitas ditujukan untuk meningkatkan faedah fungsional produk dan termasuk
masalah keawetan produk, kecepatan dan citarasanya.
b).
Penyempurnaan ciri khas produk
Strategi
penentu kualitas ini, ditujukan untuk menambah cirri khas
produk
tertentu yang dapat meningkatkan keserbagunaan, pendayagunaan, keselamatan dan
kenyamanan pemakainya produk.
c).
Perteknikan
Strategi
perteknikan dapat digunakan untuk meningkatkan kualitasproduk. Strategi ini
dapat meningkatkan ciri keselamatan cara pemakaiannya produk yang bersangkutan.
d).
Keanekaragaman
Strategi
ini dapat digunakan untuk keanekaragaman produk, pendayagunaan produk untuk
kepentingan konsumen
e).
Penyempurnaan corak
Strategi
ini ditujukan untuk perbaikan corak (style) produk, agar mempunyai daya tarik
estetika yang menarik bagi kepentingan konsumen.
f)
Pernayataan kualitas produk
Pernyataan
kualitas produk dapat dinyatakan :
1.
Keterangan produk yang sudah dikenal konsumen misalnya“Prima” dan “Superior”.
2.
Menyebutkan istilah, misalnya untuk karet “Smoked sheet” dan untuk kopra
“Molukkeen mixed”.
3.
Dengan menyebutkan asalnya, misalnya “Timah Bangka”.
Cara
pengklasifiaksian produk berdasarkan jenis dan kualitas produk adalah cara
pengklasifiaksian yang lebih banyak dikenal orang. :
a.
Jenis komoditi garmen (bahan jadi) :
x
Kualitas I, sesuai standar ekspor
x
Kualitas II, memenuhi standar produksi dalam negeri
b.
Jenis komoditi tinta printer
x
Kualitas I, sesuai dengan standar pabrik komputer/printer
x
Kualitas II, subtitusi dari pabrik lain.
Belum ada tanggapan untuk "Macam-Macam Stategi Dalam Meningkatkan Kualitas Produk"
Posting Komentar