1 Merchandise Display
Ialah
menempatkan barang dagangan di dalam toko terbagi menjadi tiga bagian yaitu;
a) Open Interior
Display
Adalah
penataan barang dagangan di dalam kegiatan usaha dimana barang diletakkan
secara terbuka sehingga konsumen dapat melihat, dan mengamati tanpa bantuan petugas
penjualan (pramuniaga)
Kebaikan
dari open interior display antara lain;
1)
Barang dagangan dapat dijual dengan cepat
2)
Pemilik toko dengan mudah mengadakan perubahan
3).
Alat alat yang dipakai untuk memamerkan barang barang sederhana,
barang
barang yang dipajangkan biasanya :
o
Barang barang yang lama lakunya
o
Barang barang yang ingin cepat habis terjual
o
Barang barang yang dibeli atas dorongan kata hati
b) Close Interior
Display
Adalah
penataan barang dagangan di dalam kegiatan usaha dimana barang diletakkan dalam
tempat tertentu, sehinggakonsumen hanya dapat mengamati saja.
Bila
konsumen ingin mengetahui lebih lanjut, maka ia akan minta tolong pada
wiraniaga untuk mengambilkannya.
2 Architectural Display
yaitu
menata gambar yang menunjukkan gambaran mengenai penggunaan barang yang
diperdagangkan, misalnya ruang tamu, mebeleur, dikamar tidur.
3 Store sign and
decoration
Merupakan
simbul, tanda, poster, lambang, gambar, dan semboyanyang diletakkan diatas meja
atau digantung dalam ruangan toko, store sign digunakan untuk memberi arah
kepada calon pembeli ke arah barang dagangan dan memberi informasinya mengenai
kegunaan barang tersebut,
decoration
pada umumnya digunakan dalam acara acara khusus ,sepoerti pada hari raya, natal
dan menyambut tahun baru.
4. Dealer display
Dealer
display merupakan simbol, petunjuk-petunjuk mengenai penggunaan barang yang
dibuat oleh produsen, simbol-simbol tersebut seakan-akan memberi peringatan
kepada pramuniaga agar tidak memberikan informasi yang tidak sesuai atau tidak
benar.
• Eksterior Display
Eksterior
display adalah pemajangan barang dagangan di tempat tertentu di luar kegiatan
usaha yang biasa digunakan. Pemajangan sistem ini banyak digunakan untuk
promosi barang, pengenalan produkbaru, penjualan istimewa seperti cuci gudang,
discount dan sejenisnya.
Untuk
pemasaran secara tetap pemajangan sistem ini kurang optimal karena kelemahan
faktor pengamanan, cuaca, pengiriman barang dan sebagainya. Intinya, eksterior
display hanya tepat dipergunakan untuk kondisi penjualan tertentu.
Fungsi Eksterior
display adalah;
o
Memperkenalkan produk denngan cepat dan ekonomis
o
Membantu mengkoordinir advertising dan merchandising
o
Membangun hubungan yang baik dengan masyarakat,seperti pada waktu Hari Raya
,ulang tahun dan sebagainya
o
Mendistribusikan barang ke konsumen dengan cepat.
Belum ada tanggapan untuk "Jenis dan Macam-Macam Interior Display"
Posting Komentar