Informasiuntukumum
- Prosedur formulir pesanan berasal dari Perusahaan Dagang yang ditujukan
kepada Produsen atau Supplier.
Bentuk
dan macamnya bervariasi yang sesuai dengan keinginan perusahaan yang
bersangkutan,sebagaimana telah disinggung di atas melakukan pemesanan pembelian
bisa datang langsung ke tempat penjual,
melalui
telepon, e-mail, atau melakukan pemesanan dengan mengirimkan surat pesanan
(Order Letter atau Delevery Order), atau sering disebut juga dengan pesanan
pembelian (Purchase Order).
Purchase
Order berupa formulir pesanan berisi keteranganketerangan sebagai berukut:
a.
nama
dan alamat perusahaan pemesan;
b.
nama
dan alamt produsen (Supplier);
c.
nomor
Purchase Order (PO);
d.
kode
Supplier;
e.
pada
kolom tertulis nomor urut, PLU, Brand, Article, Qunatity, Unit Cost, Discount,
dan sebagainya;
f.
tanggal
pembuatan PO;
g.
lama
pembayaran;
h.
pengiriman
barang sebelum jatuh tempo;
i.
PO
terdiri dari tiga rangkap. Kopi 1 (putih) untuk Supplier, kopi 2 (merah) untuk
bagian keuangan, kopi 3 (kuning) untuk Supervisor;
j.
nama
dan tanda tangan bagaian pembelian (Divisi Buyer).
Pada PO biasanya ada
catatan-catatan khusus seperti di bawah ini.
a.
Harga
sudah termasuk PPn, pihak perusahaan akan membayar
b.
harga
netto terkecil antara PO dan faktur.
c.
Pemotongan
pembayaran akan langsung dilakukan setelah diterbitkan nota retur oleh pihak
perusahaan, tanpa pemberitahuanterlebih dahulu kepada Supplier.
d.
Jika
barang retur tidak diambil oleh Supplier dari 1 (satu) bulan, maka pihak
perusahaan tidak bertanggung jawab.
Belum ada tanggapan untuk "Cara Menyelesaikan Formulir Pesanan Sesuai Prosedur "
Posting Komentar