Informasiuntukumum
- Adapun penentu penentu yang dapat
menentukan besar kecilnya permintaan konsumen, diantaranya:
1. Penghasilan
konsumen
Jika
penghasilan konsumen besar, maka banyaknya barang yangdiminta akan banyak. Daya
beli pelanggan sangat ditentukan oleh penghasilannya /pendapatannya, daya beli
akan semakin naik jika
pendapatan
bertambah, dan sebaliknya daya beli akan rendah jika pendapatannya rendah pula
2. Harga barang yang
ditawarkan
Jika
harga barang yang ditawarkan relatif mahal, maka permintaankonsumen terhadap
barang, akan sedikit jumlahnya. Sebaliknya jika harga barang relatif murah,
maka permintaan konsumsen terhadap
barang
akan bertambah.
Tinggi
rendahnya haraga barang yang ditawarkan akan berpengaruh terhadap permintaan,
harga yang terlalu tinggi kemungkinan akan membuat barang tidak terbeli oleh
pelanggan dan kalau terlalu rendah akan merugi atau pelanggan curiga menyangka
mutu produk tidak berkualitas untuk itu faktor hargaharus dipertimbangkan baik
baik , karena akan mempengaruhi faktor psikkologis pelanggan dalam menentukan
pilihannya ,faktor hargapun sangat berkaitan dengan tingkat urgensi kebutuhan
daya beli pelanggan dan pelayanan.
3. Selera konsumen
Adanya
selera konsumen terhadap barang yang diinginkan adalahmerupakan determinan
permintaan.
Kebutuhan
dan selera seorang pelanggan dengan pelanggan yang lainnya pasti ada perbedaan,
setiap waktu kebutuhan dan selera bisa saja berubah karena hal itu dinamis
,maka kepekaan dalam melakukan pengamatan dan analisa terhadap pelanggan dan
kebutuhannya merupakan hal yang
bermanfaat
demi merebut kesempatan usaha.
4. Harga barang
lainnya
Barang
yang saling melengkapi (komplementer) dan barang pengganti ( subsitusi) dan
barang saingannya, akan berpengaruh terhadap banyaknya barang yang ditawarkan
produsen.
5. Perubahan susunan
penduduk
Perubahan
susunan penduduk baik umurnya, maupun jumlahnya, akan berpengaruh terhadap
permintaan sesuatu barang. Begitu pula berkurangnya jumlah penduduk di suatu
barang .
Begitu
pula berkurangnya jumlah penduduk di suatu wilayah, akan berpengaruh terhadap
permintaan suatu barang.
Bila
ditinjau dari segi kemampuan pelanggan dalam melakukan pembelian suatu barang,
maka permintaan dapat dibedakaan menjaditiga jenis :
a. Permintaan
potensial
Permintaan
yang menunjukkan intensitas pelanggan terhadap kegunaan suatu barang tanpa
memikirkan daya beli terhadap barang tersebut.
b. Permintaan efektif
Permintaan
yang menunjukkan intensitas pelanggan terhadap kegunaan suatu barang dengan
memikirkan daya beli terhadap suatu barang tersebut ,istilah lainnya yaitu
permintaan yang nyata dan permintaan efektif merupakan kebalikan dari
permintaan potensial.
c. Permintaan tak
terjamin
Permintaan
yang dinyatakan di pasar dalam suatu penawaran harga barang barang dan jasa
tetapi karena berdasarkan tingkatan harganya, permintaan tersebut tak dapat
terpuaskan baik oleh penjual maupun pembeli.
Belum ada tanggapan untuk "Faktor Penentu Besar Kecilnya Permintaan Konsumen / Pelanggan"
Posting Komentar