Tidak
semua konflik merugikan, apabila konflik itu diartikan sebagai beda pendapat
yang positif dan (diperkirakan tidak akan berkembang lebih tajam) akan
berkembang menjadi diskusi, sebaliknya justru akan memberikan keuntungan bagi
kedua belah pihak, seperti :
•
Tambahan informasi baru
•
Saling mengenal antar pribadi keduabelah pihak
•
Belajar mencari solusi terbaik dengan pengendalian emosi
•
Belajar menghargai perbedaan
•
Bila situasi ini terjadi antara Anda dengan client atau sesama rekan kerja atau
dengan pimpinan, apa yang harus Anda lakukan ?
Sesegera mungkin
setelah Anda menangkap gejala tersebut, lakukan :
•
Tenangkan
diri, jaga nafas Anda jangan terbawa emosi
•
Tunjukkan
kesan bahwa Anda mengerti bahwa “dia” mulai tidak sejalan
•
Jangan
memaksa “dia” untuk mengerti Anda, alihkan dengan memperlunak target.
•
Jangan
tergesa-gesa untuk minta maaf; dinginkan suasana dengan mengalihkan sejenak
dengan menawarkan minum (kalau mungkin) atau upaya cari data yang lebih
mendukung
•
Alihkan
pembicaraan secara halus untuk meredakan emosi teman bicara, dan bila gejala
konflik hilang, kembalilah pada pembicaraan inti dengan halus.
•
Perhatikan
respon nya, apakah gejala-gejala konflik yang Anda lihat, sudah berkurang,
Kalau belum, satu hal yang harus anda ingat, sampai dimana wewenang Anda dalam
masalah itu.
Belum ada tanggapan untuk "Keuntungan Konflik dan Cara Tindakan Yang Baik dan Nyaman"
Posting Komentar