•
Kenali
dan analisis masalahnya serta kenali karakter personalnya
•
Lima
tahap menangani konflik
•
Diagnose
topik (masalah)
•
Mengutarakan
pendapat Anda /respon
•
Dengarkan
reaksi dan pahami apa prinsip teman bicara Anda
•
Kembali
pada posisi dan prinsip utama Anda
•
Pecahkan
masalah dengan negosiasi
•
Mengulangi
inti pembicaraan yang sama dengan katakata/kalimat dan intonasi yang berbeda,
yang mungkin akan lebih dimengerti/dipahami.
•
Katakan
“tidak” bila memang perlu mengatakannya (tanpa harus menyakiti dan membuat
tidak senang) daripada membiarkan orang dalam kebimbangan.
•
Memperlambat
pembicaraan dengan memperincipermasalahan, menyetujui beberapa hal yang Anda
anggap tidak prinsip, namun tetap mempertahankan prinsip-prinsip utama. Hal ini
akan memperlunak teman bicara dan memberi peluang Anda untuk stabil (tidak
emosional, agresif dan pasif)
•
Bila
perlu tunjukkan perasaan Anda yang sebenarnya, sehingga teman bicara Anda dapat
segera merespon.
•
Upayakan
agar pemecahan konflik, menyenangkan (tidak merugikan) kedua belah pihak.
•
Bila
terjadi stagnasi (jalan buntu), ambil kesepakatan untuk menunda pembicaraan dan
sepakati kapan akan dilanjutkan.
Belum ada tanggapan untuk "Cara / Kiat Dalam Menangani Konflik "
Posting Komentar