Penekanan pada Harga
Informasiuntukumum
- Media grafis komunikasi yang menawarkan barang atau jasa dengan penonjolan
harga produk yang menarik.
Jenis
media grafis komunikasi ini biasa menggunakan bahasa kata yang mempunyai
konotasi yang
jauh dari arti sesungguhnya, seperti sale, obral, pesta diskon, cuci gudang,
banting harga, harga miring,
produk baru harga lama, harga tetap dan sebagainya.
Penonjolan
harga ini dimaksudkan untuk mendongkrak penjualan maupun menjatuhkan saingan
pasar. Terekrutnya langganan baru atau mempertahankan langganan lama berarti
meningkatkan omset penjualan.
Biasanya
jenis media grafis komunikasi ini diluncurkan bilamana jumlah produknya menurun
yang diakibatkan adanya saingan baru, atau penyegaran terhadap
pelanggan/pembeli sebagai hadiah.
Penekanan pada Merek
Media
grafis komunikasi yang berusaha memebrikan kesan tentang brand atau merk kepada
pembaca, penglihat atau pendangar. Jenis media grafis komunikasi ini tampak
pada jenis produk merk SONY, HONDA, LEVI’S, VIT, dan sebagainya.
Masyarakat
yang sudah fanatik terhadap tentunya akan memilih jenis produk yang biasa
dipergunakan atau dianggap cocok untuknya.
Begitu
juga produsen yang sudah lama dipercayai masyarakat karena jenis merk produknya
sudah dapat mere-but hati masyarakat.
Bilamana
masyarakat sudah fanatik atau percaya terhadap produk atau merk tertentu yang
selalu diikuti lama, maka bilamana ada jenis produk lain namun masih dalam
lingkup merek yang sama tetap akan
percaya.
Ada
ucapan yang sering terdengarn di masyarakat. “Kalau beli produk belilah merk
SONY, karena awet dan bandel”, atau ”Frestea yang rasanya segar teh hijau
alami”.
Media
grafis (iklan) yang ditekankan merek
x Penekanan pada
Kualitas
Media
grafis komunikasi yang berusaha untuk menimbulkan kesan bahwa barang atau jasa
yang dimedia grafis komunikasikan bermutu tinggi, seperti perguruan tinggi
swasta yang mengekspos status akreditas “disamakan” pada program-program
tertentu, produk otomotif suzuki “inovasi tiada henti”, produk komputer
platinum dengan mengandalkan teknologinya, ballpen “Bic” yang mengandalkan
kelancaran dalam menulis, tought jeans, dan sebagainya.
Pendekatan
emosional pada merek jeans yang kuat
x Penekanan pada
Manfaat
Media
grafis komunikasi yang menarik konsumen dengan cara mengemukakan faedah
pemakaian suatu produk atau jasa tertentu.
Media
grafis komunikasi jenis ini sering ditayangkan di media televis tentang
produk-produk rumahtangga yang ramah lingkungan, seperti alat pembersih air,
penghisap debu, produk peralatan rumah-tangga dengan teknik bongkarpasang, atau
jenis produk baru yang mempunyai kelebihan dari pada produk sebelumnya.
Bagaimana
memancing calon pembeli agar terbujuk untuk membeli produk yang iinformasikan,
walaupun sebelumnya mereka sudah membeli jenis merk yang sama.
Strategi
yang dipakai adalah menginformasikan kualitas, kelebihan, fasilitas,
keung-gulan yang ada pada produk yang baru dikeluarkan. Sebagai contoh media
grafis komunikasi mobil yang tiap tahun berganti sejalan dengan jenis produk
yang dikeluarkan.
Agar
masyarakat tidak menganggap bahwa produk baru dikeluarkan ini tidak sama dengan
produk terdahulu, maka di sini perlu penjelasan ten-tang kelebihan terhadap
produk terbaru, sehingga masyarakat bisa membadingkannya.
Penekanan pada Status
Media
grafis komunikasi yang melakukan komunikasi agar masyarakat mengasosiasikan
produk yang ditawarkan dengan status atau kedudukan pribadinya. Produk yang
ditawarkan melalui media grafis komunikasi ini biasanya berharga mahal atau
jarang dipakai oleh oarng banyak.
Media
grafis komunikasi yang dimaksud sebagai contoh media grafis komunikasi mobil
BMW, Mercy, Kondominium, hotel berbintang, mebel gaya itali, dan sebagainya.
Ada
sekelompok masyarakat yang mempunayi gaya hidup yang lain dari masyarakat
umumnya, mereka menikmati hidupnya dengan kebanggaan tersendiri terhadap yang
dipunyai, karena jarang orang memilikinya.
Kelompok
inilah yang ditangkap oleh produsen untuk meluncurkan produknya agar mereka
terbawa hatinya yang akhirnya memilikinya, meskipun produk yang dikeluarkan
sangat tinggi harganya.
Media
grafis (iklan) yang ditekankan dari segi status
x Penekanan pada
Lembaga
Media
grafis komunikasi yang menekankan atau menonjolkan nama perusahaan untuk
memberi kesan yang baik kepada calon pembeli produk/jasa yang dikeluarkan.
Jenis
media grafis komunikasi ini sering menawarkan jasa yang dikomunikasikan oleh
perusahaan, hanya saja lebih ditonjolkan pada perusahaan yang mengeluarkannya.
Media
grafis komunikasi yang dimaksud antara lain media grafis komunikasi jasa
transportasi Garuda, jasa pengiriman LTH, televisi, jasa telekomunikasi Telkom,
dan sebagainya.
Belum ada tanggapan untuk "Macam-Macam Penekanan Pada Produk Yang Disampaikan "
Posting Komentar