Informasiuntukumum
- Konsep pemasaran kemasyarakatan atau sering disebut konsep pemasaran sosial
mencoba untuk menyempurnakan konsep pemasaran.
Dasar pemikiran yang
terkandung dalam konsep pemasaraan kemasyarakatan adalah:
a.
Keinginan
konsumen tiadak selalu segaris dengan kepentingan jangka panjang mereka maupun
b.
kepentingan
jangka panjang masyarakat.
c.
Para
konsumen akan bertambah yang memilih organisasi yang menunjukan minat terhadap
d.
keinginan
dan kepentingan jangka panjang masyarakat.
e.
Tugas
organisasi adalah melayani pasar yang menjadi sasaran dan cara membuahkan hasil
tidak hanya terpuaskannya keinginan tetapisekaligus juga terpenuhinnya
kesejahteraan perorangaan maupun masyarakat dalam jangka panjangsebagai kunci
untuk menarik langganan dan mempertahankannya.
Ada dua hal yang
berbeda antara konsep pemasaran kemasyarakatan dengan konsep pemasaran, yakni:
a.
Konsep
pemasaraan menuntut agar pemasaran memusatkan perhatian pada kebutuhan dan
kepentingan konsumen sekaliguskeinginan mereka.
b. Konsep
pemasaran kemasyarakatan mengkhendaki perlu adannya tekanan terhadap
kesejahteraan masyarakat dalam jangka panjang.
Hal
ini menuntut dilakukannya lebih banyak pihak yang ikut dalan pemasaran dan
pengaruh yang lebih tahan lama.artinya konsep ini berusaha memenuhi kebutuhan
dan keinginan serta minat pelanggan sehingga dapat memenuhi kepuasan konsumen
secara efektif dan efisien dan membuat kehidupan masyarakat lebih baik.
Pemasaran kemasyarakatan
menuntut dimasukannya empat hal untukk diperhatikan dalam pengembalian
keputusan, yakni:
1.
Kebutuhan dan keinginan konsumen.
2.
Kepentingan konsumen.
3.
Kepentingan perusahaan.
4.
Kepentingan masyarakat.
Persoalan
utama yang dihadapi oleh perusahaan adalah bagaimana pengaruh pemasaran
kemasyarakatan terhadapkemungkinan mereka untuk mendapatkan keuntungan.
Belum ada tanggapan untuk "Jenis dan Macam-Macam Konsep Pemasaran Kemasyarakatan "
Posting Komentar