1. Pengertian
Pelanggan
Pengertian
Pelanggan menurut para ahli bermacam macam, tergantung tingkat kemampuan dan
latar belakang masing masing,
adapun pengertian
pelanggan adalah sebagai berikut:
1)
Pelanggan
adalah bagian terpenting dalam usaha suatu Perusahaan
2)
Pelanggan
adalah orang atau merupakan lembaga yang melakukan pembelian berulan ulang.
3) Pelanggan
adalah orang yamg tidak tergantung pada diri kita tapi sebaliknya kitalah yang
tergantung padanya
4)
Pelanggan
bukan hanya mendatangkan uang tetapi juga sebagai manusia yang mempunyai
perasaan dan keinginan yang harus kita hormati
5)
Pelanggan
adalah seseorang yang membina hubungan baik dengan orang lain khususnya
produsen dalam bidang usaha
6) Pelanggan
adalah orang yang memperhatikan perhatian penuh terhadap produk produk yang
kita tawarkan.
7)
Pelanggan
orang ,organisasi atau instansi yang melakukan pembelian produk secara berulang
ulang
2.
Jenis Pelanggan
Pada
dasarnya ada dua jenis pelanggan, yaitu Pelanggan Eksternal dan Pelanggan
Internal .
a.
Pelanggan
Eksternal. Pelanggan eksternal adalah orang diluar industri yang menerima suatu
produk (end-user). Pelanggan eksternal setiap industri jelas adalah masyarakat umum
yang menerima produk industri tersebut. Beberapa hal yang diperlukan pelanggan
eksternal adalah
(a)
kesesuaian dengan kebutuhan akan produk
(b)
harga yang kompetitif
(c)
kualitas dan realibilitas
(d)
pengiriman yang tepat waktu dan
(e)
pelayanan purna jual.
b. Pelanggan
Internal. Pelanggan internal adalah orang yang melakuakan proses selanjutnya
dari suatu pekerjaan (“next process”) Pelanggan internal merupakan seluruh
karyawan darisuatu industri.
Yang diperlukan
pelanggan internal adalah
(a)
kerja kelompok dan kerjasama,
(b)
struktur dan sistem yang efisien,
(c)
pekerjaan yang berkualitas dan
(d)
pengiriman yang tepat waktu.
Pengertian
diatas adalah dasar pemikiran yang berorientasi kepada pelanggan berasal dari
sudut pandang pelanggan ,untuk itu keputusanpenetapan program pemasaran
perusahaan harus didasarkan kepada kebutuhan dan keinginan pelanggan yang
dituju,baik yang menyangkut produk,harga, distribusi, dan promosi secara
terpadu dalam kesatuan yang utuh.
Mempertahankan
pelanggan lebih penting daripada memikat pelanggan baru ,sebab mempertahankan
pelanggan melalui pemenuhan kepuasan pelanggan akan memberikan implikasi
seperti:
•
Membeli
lagi
•
Mengatakan
hal hal yang baik tentang perusahaan kepada orang lain
•
Kurang
memperhatikan merk dan iklan produk pesaing
•
produk lain dari perusahaan yang sama Kepuasan pelanggan adalah ungkapan yang
menyenangkan dari pelanggan berdasarkan penilaiannya (perception) terhadap apa
yang telah dia terima dibandingkan harapannya.
Belum ada tanggapan untuk "Arti, Jenis Serta Macam-Macam Pelanggan"
Posting Komentar